Home » masalah sosial » 5 gerakan penghematan BBM oleh SBY

5 gerakan penghematan BBM oleh SBY

my sacrifice

tentang aku

kalender

June 2012
M T W T F S S
« May   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

The Big DayMarch 15th, 2013
The big day is here.

kalender

June 2012
M T W T F S S
« May   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 2 other followers

5 gerakan penghematan bbm
Wah tidak terasa yah masa pemerintahan SBY dengan kabinet Indonesia bersatu jilid 2 akan segera berakhir. Dua periode SBY menjadi orang nomor satu di negeri ini tentu banyak hal yang sudah dilewati. Tulisan ini akan memaparkan beberapa kebijakan pemerintahan SBY sebagai respon terhadap kondisi ekonomi dunia yang mengalami resesi. Sekitar awal bulan mei 2012, Negara-negara Eropa dihantam badai ekonomi yang mengakibatkan krisis di bidang tersebut. Hal itu tentu mempengaruhi perekonomian dunia, apalagi di jaman sekarang ini mau tidak mau kejadian pada suatu daerah/ Negara lain dapat mempengaruhi keadan di daerah lain.
Krisis global yang sedang melanda dunia jelas turut berpengaruh terhadap kondisi ekonomi bangsa yang sedang berusaha membangun ini. Dalam perkembangan selanjutnya Indonesia ternyata mampu bertahan dalam kondisi yang tidak stabil ini. Namun diperlukan berbagai daya untuk tetap survive dalam keadaan yang serba tidak menentu seperti ini, hal tersebut membuat pemerintah mengambil beberapa kebijakan untuk menyelamatkan kondisi ekonomi dalam negri
BBM merupakan bagian yang paling banyak mendapatkan perhatian karena dianggap sangat vital. Hal tersebut lebih dikarenakan akibat dari harga minyak mentah dunia yang cenderung naik dari waktu ke waktu. Harga BBM juga berdampak pada harga barang dan jasa Berdasarkan data di lapangan Subsidi bbm pada tahun 2010 saja mencapai 140 T sedangkan pada tahun 2011 naik hingga mencapai 256 T. Jumlah dana sebesar itu apabila bisa dihemat tentu bisa dialokasikan untuk hal-hal lain yang lebih penting
Ini dia gebrakan dari presiden yang dibacakan pada tanggal 29 mei 2012 tentunya perlu didukung oleh segenap bangsa Indonesia guna kemajuan bersama.

1. Pertama pengendalian sistem distribusi di setiap SPBU, dengan kemajuan teknologi yang sudah ada. Setiap kendaraan akan didata elektronik. Setiap mengisi BBM maka jumlah BBM yang dibeli akan tercatat secara otomatis pembelian setiap harinya. Agar konsumsi BBM subsidi dapat dikendalikan secara transparan dan tepat sasaran.
“Ingat BBM subsidi hanya bagi mereka yang berhak. Jumlahnya harus tepat, harus dicegah kebocoran dan penyimpangan yang merugikan negara. Pertamina akan menjaga pasokan sesuai kuota daerah, sekaligus menyediakan BBM non subsidi,” seru SBY.
2. Melarang BBM subsidi untuk kendaraan pemerintah dan BUMN. Dengan stiker khusus bagi kendaraan yang dilarang.
“Jajaran pemrintah dan BUMN harus beri contoh. Agar subsidi benar-benar tepat sasaran,” ujar SBY
3. Pelarangan BBM subsidi untuk kendaraan perkebunan dan pertambangan dengan stiker.
“Penugasan kepada BPH Migas bekerjasama dengan aparat penegak hukum. Harus ada kontrol ketat di daerah-daerah industri. Pertamina akan menambah SPBU BBM non subsidi di lokasi industri,” kata SBY

4. Konversi BBM ke BBG untuk transportasi. Pengalihan ini harus menjadi program utama nasional sebagai upaya mengurangi ketergantungan BBM.
“Tahun ini akan dibangun 33 SPBG dan 8 SPBG untuk revitalisasi. Tahun ini akan dibagi 15 ribu converter kit, untuk angkot. Efektivitasnya dirasakan pada 2013 mendatang,” katanya.
5. Penghematan listrik dan air di kantor-kantor pemerintahan BUMN dan BUMD serta penerangan jalan yang diberlakukan Juni 2012.
“Pimpinan instansi dan lembaga terkait harus bertanggung jawab. Pada 2008/2009 lalu saat kondisi relatif sama, gerakan penghematan berjalan sangat sukses. Kita berhasil menurunkan signifikan,” katanya.
Kita tunggu saja bagamana perkembangan kebijakan pemerintah ini yang pasti diperlukan peran aktif segenap masyarakat agar nantinya sudah tidak ada lagi celah bagi mereka yang kerap mencari keuntungan dengan cara yang salah menyangkut BBM….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Five.

Five true stories, every five weeks.

Sharing Kasus Perawatan Konservasi Gigi

Conservative Dentistry Case Reports Presentation

%d bloggers like this: