Home » Uncategorized » Blackbox Pesawat Sukhoi SSJ100

Blackbox Pesawat Sukhoi SSJ100

my sacrifice

tentang aku

kalender

May 2012
M T W T F S S
« Nov   Jun »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

The Big DayMarch 15th, 2013
The big day is here.

kalender

May 2012
M T W T F S S
« Nov   Jun »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 2 other followers

sukhoi indonesiaBlackbox Pesawat Sukhoi SSJ100

Pesawat Sukhoi SSJ100 adalah pesawat komersial buatan Rusia yang diperkenalkan kepada Indonesia untuk dijadikan salah satu transportasi udara di Indonesia. Pesawat tersebut merupakan seri pengembangan Sukhoi milik Rusia. Dalam perjalanan uji coba (09/05/12) di daerah Bogor, pesawat tersebut mengalami insiden mematikan. Sukhoi menabrak Gunung Salak di daerah Cirebon Jawa Barat yang kemudian hancur. Banyak mengalami kendala yang ditemukan sewaktu pencarian bangkai pesawat penyilidikan dilakukan untuk mencari penyebab tabrakan maut itu. Mulai dari keadaan alam yang tempat kejadian yang sulit untuk ditembus sampai kurangnya alat untuk mengevakuasi korban. Disamping berita kesibukan petugas untuk mengevakuasi para korban, hal lain yang paling sering dibicarakan adalah pencarian blackbox dari pesawat ini.
Salah satu alat yang bisa menjelaskan atau dapat dijadikan bukti dalam menentukan penyebab kejadian tersebut adalah dengan meneliti blackbox pesawat Sukhoi SSJ100. Blackbox atau kotak hitam ada pada setiap pesawat dan merupakan standar operasional keselamatan dalam penerbangan yang sudah ditetapkan. Blackbox tidak seperti namanya (kotak berwarna hitam) melainkan terdiri dari 2 kotak yang berwarna orange (tergantung perusahaan yang membuatnya). Kotak hitam terdiri dari voice recorder (merekam pembicaraan terakhir pilot dengan kru pesawat) dan flight recorder (merekam keadaan misalnya tekanan udara, cuaca dll). Alat ini bisa mencatat atau merekam kejadian sampai 30 menit terakhir yang terjadi dalam pesawat.
Dalam kasus jatuhnya Pesawat Sukhoi, pencarian si kotak hitam ini dilakukan oleh tim gabungan dari tim Kopassus dan beberapa kelompok pencinta alam. Pencarian kotak hitam inipun melibatkan kerjasama antara negara mengingat korban yang terdiri dari beberapa Negara. Blackbox sendiri terbuat dari bahan yang sangat kuat dan tahan terhadap suhu panas ataupun tabrakan yang sangat kuat sekalipun. Blackbox ditempatkan pada bagian yang paling aman pada badan pesawat biasanya pada bagian ekor. Hal tersebut karena benda ini memang sudah menjadi tulang punggung dalam penentuan sebab terjadinya kecelakaan pada pesawat. Data-data yang didapatkan juga dapat bermanfaat untuk pengembangan pesawat kedepannya.
Pembacaan data Blackbox tentu haruslah mengikut sertakan orang yang berpengalaman dalam bidang penerbangan atau teknologi penerbangan. Penyelidikan yang menyeluruh diharapkan mampu membuat suatu kesimpulan berdasarkan data yang ditemukan. Dalam hal ini badan terkait yakni KNKT (Komisi Nasional Keselamatan Transportasi) dituntut untuk bisa menghasilkan dan mempublikasikan sebab dari kecelakaan. Badan tersebut diharapkan dapat bekerja independen, akuntabel, dan transparan dalam mengungkapkan kesimpulan mengingat era keterbukaan informasi. Informasi itu nantinya diharapkan dapat dijadikan rekomendasi untuk setiap maskapai penerbangan atau pelabuhan udara untuk bisa kembali memikirkan standar keamanan penerbangan yang berlaku guna kemajuan penerbangan di Indonesia serta agar tidak terjadi kejadian yang sama dikemudian nanti.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Five.

Five true stories, every five weeks.

Sharing Kasus Perawatan Konservasi Gigi

Conservative Dentistry Case Reports Presentation

%d bloggers like this: