Home » Uncategorized » pedoman penulisan skripsi PS. kedokteran gigi Universitas Sam Ratulangi

pedoman penulisan skripsi PS. kedokteran gigi Universitas Sam Ratulangi

my sacrifice

tentang aku

kalender

November 2011
M T W T F S S
« Oct   May »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

The Big DayMarch 15th, 2013
The big day is here.

kalender

November 2011
M T W T F S S
« Oct   May »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 2 other followers

PEDOMAN PENULISAN SKRIPSI
KEDOKTERAN GIGI

PROGRAM STUDI KEDOKTERAN GIGI
FAKULTAS KEDOKTERAN
UNIVERSITAS SAM RATULANGI
MANADO

KATA PENGANTAR

Seiring dengan kesadaran masyarakat indonesia terhadap kesehatan gigi yang terus meningkat serta tuntutan masyarakat akan mutu pelayanan kedokteran gigi maka calon dokter gigi dan dokter gigi dituntut meningkatkan profesionalismenya. Peningkatan kompetensi dokter gigi mutlak diperlukan didukung oleh referensi ilmiah dan penelitian atau penulisan karya ilmiah mandiri.
Program Studi Kedokteran Gigi di Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi terdiri atas pendidikan akdemik dan pendidikan profesi untuk menghasilkan Sarjana Kedokteran Gigi (SKG) dan Dokter Gigi (Drg). Salah satu syarat menyelesaikan pendidikan sarjana, mahasiswa diharuskan membuat suatu karya tulis ilmiah dalam bentuk skripsi sebagai sarana untuk mengembangkan diri sehingga kelak dapat melakukan penelitian, telaah pustaka, maupun penulisan ilmiah serta senantiasa mengikuti perkembangan teknologi dan pengetahuan di bidang kedokteran gigi. Sehubungan dengan hal itu, diperlukan buku Pedoman Penulisan Skripsi bagi mahasiswa yang diharapkan dapat membantu selama proses penulisan skripsi. Buku ini dapat menjadi rujukan agar tercapainya keseragaman dalam teknik, sistematika penulisan dan kejelasan tentang prosedur serta tatalaksana pengujian skripsi.
Akhir kata, mudah-mudahan buku pedoman ini dapat berguna bagi perkembangan ilmu dan profesi kedokteran gigi dalam penulisan karya tulis ilmiah. Ucapan terima kasih kami samaikan kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan materi ini.

BAB I
PENDAHULUAN

Skripsi adalah karya tulis ilmiah yang disusun oleh mahasiswa untuk memenuhi salah satu persyaratan menyelesaikan pendidikan Program Studi Kedokteran Gigi pada Strata SI di lingkungan Universitas Sam Ratulangi. Ketentuan ini dimuat dalam Surat keputusan Rektor Universitas Sam Ratulangi Nomor: 519/JI2/PP/2005, tentang Peraturan Akademik Universitas Sam Ratulangi.
Skripsi dapat memberi pengalaman, kemampuan, dan keterampilan untuk melakukan telaah pustaka, survey atau penelitian lainnya sesuai bidang ilmu yang ditekuninya secara mandiri di bawah bimbingan dan arahan dosen yang berkompeten. Selain itu, memberi pengalaman, kemampuan dan keterampilan utnuk melakukan penulisan ilmiah pada bidang ilmunya sesuai aturan penulisan yang lazim serta sesuai esensi penulisan. Manfaat lainnya, memberi pengalaman, kemampuan dan keterampilan untuk mengkomunikasikan karya tulis ilmiah pada suatu forum ilmiah. Berdasarkan ketentuan tersebut mahasiswa diharapkan menjadi sarjana yang mampu secara aktif untuk mengembangkan diri dan mengembangkan ilmunya serta berwawasan luas.
Pada umumnya setiap institusi pendidikan membuat suatu ketentuan berupa persyaratan teknis maupun prosedur yang harus diikuti oleh setiap mahasiswa dalam proses penulisan skripsi. Ketentuan tersebut merupakan spesifikasi institusi yang bersangkutan. Skripsi dapat dibuat dalam bentuk laporan penelitian dan studi pustaka, sesuai dengan kompetensi yang dicapai dalam proses belajar yang telah dialami pendidikan. Sehubungan dengan hal itu, diperlukan buku pedoman Penulisan Skripsi bagi mahasiswa Program Studi Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi. Pedoman ini diharapkan dapat membantu setiap mahasiswa dan Dosen pembimbing selama proses penulisan skripsi. Buku ini dapat menjadi rujukan agar tercapai keseragaman dalam teknik, sisitematika penulisan dan kejelasan tentang prosedur serta tatalaksana pengujian skripsi.

BAB II
PETUNJUK UMUM
Skripsi adalah karya tulis ilmiah yang disusun oleh mahasiswa untuk memenuhi salah satu persyaratan menyelesaikan pendidikan Program Studi Kedokteran Gigi pada Pendidikan Program Sarjana (SI). Skripsi dapat dibuat dalam bentuk laporan penelitian atau studi pustaka sesuai dengan kemampuan yang telah dicapai dalam proses belajar yang telah dialami selama pendidikan.

A. Prosedur Penyusunan Skripsi
1. Persyaratan
a. Mahasiswa minimal telah menyelesaikan 115 sks dengan IPK ≥ 2,0
b. Mahasiswa telah melunai biaya penyusunan skripsi sesuai dengan ketentuan yan berlaku
c. Memperoleh nilai mata kuliah yang menyangkut materi skripsi minimal C
d. Memperoleh nilai mata kuliah Metodelogi Penelitian dan Penulisan Ilmiah minimal C
2. Prosedur pendaftaran
a. Tata laksana pembagian mata kuliah tertentu untuk mengarahkan tema skripsi diatur oleh bagian Akademik. Mahasiswa disarankan berkonsultasi dengan dosen Pembimbing Akademik.
b. Bagian Akademik mengumumkan daftar nama mahasiswa serta nama dosen pembimbing I dan dosen pembimbing II Skripsi.
c. Mahasiswa kemudian bertemu dengan Dosen Pembimbing Skripsi, berkonsultasi dan konfirmasi topik skripsi yang diajukan, tata laksana akan diatur oleh Bagian Akademik.
3. Batas Waktu Penyusunan Skripsi
a. Batas waktu penyusunan skripsi maksimum 2 semester
b. Bila dalam waktu 1 semester skripsi tidak selesai, mahasiswa dapat diberi perpanjangan waktu utnuk menyelesaikan skripsi, tetapi diwajibkan melapor ke Bagian Akademik dan tetap membayar biaya penulisan skripsi sesuai peraturan yang berlaku.
4. Penyelesaian Skripsi
a. Skripsi yang telah dinnyatakan selesai oleh Dosen Pembimbing Skripsi, diperbanyak 5 eksemplar untuk :


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Five.

Five true stories, every five weeks.

Sharing Kasus Perawatan Konservasi Gigi

Conservative Dentistry Case Reports Presentation

%d bloggers like this: